Festival Ennichisai 2012"Indonesian Cosplay Grand Prix"



(Jakarta-Indonesia) Ennichisai, festival kebudayaan Jepang yang berlangsung 31 Juni dan 1 Juli mendatang di Blok M, Jakarta Selatan, untuk pertama kalinya akan menggelar Indonesian Cosplay Grand Prix (ICGP), dengan mengikutsertakan cosplayer dari seluruh Indonesia.



Hal tersebut disampaikan dalam konferensi pers pada Senin (26/03) di hall The Japan Foundation Jakarta.
ICGP akan memilih 6 cosplayer terbaik yang nantinya akan mewakili Indonesia untuk bersaing dengan peserta dari berbagai negara dalam ajang World Cosplay Summit (WCS) di Kota Nagoya, Prefektur Aichi pada 4 Agustus mendatang.
"Tahun ini, Indonesia merupakan negara ke-20 yang terpilih sebagai peserta World Cosplay Summit, setelah Inggris dan Rusia. Tahun lalu hanya 17 negara yang mengikuti WCS, dan kali ini Indonesia masuk menjadi peserta cosplay internasional karena prestasi dan perkembangan cosplay yang semakin meningkat. Selain itu, komite WCS juga ingin mengetahui kemajuan cosplay di negara berkembang," ujar Richfield Edbert, salah seorang panitia penyelenggara ICGS yang akrab disapa Richie.
Lebih lanjut Richie menjelaskan, cosplay di Indonesia biasanya terkendala keterbatasan material seperti lateks (karet) masih sulit. Namun, tiap negara memiliki keterbatasan masing-masing jadi kami optimis Indonesia bisa menang di kejuaraan cosplay berskala internasional.
"Namun keterbatasan itu membuat cosplayer Indonesia menjadi lebih kreatif untuk membuat karya yang lebih memukau. Kita tidak kalah dengan cosplayer negara maju lainnya," jelas Richie.
Menurutnya, setiap cosplayer memiliki kesempatan untuk menampilkan kostum karyanya sendiri, namun cosplay harus meniru karakter animasi, komik manga, atau game asli Jepang.
"WCS memiliki standar penilaian yang tinggi dan kompetisi yang ketat, seperti kualitas dan kerapihan kostum, kemiripan dengan karakter asli, dan penampilan, tema," ujar Pinky Lu Xun, salah seorang juri ICGP yang datang dengan kostum karakter Lu Xun dari game Dinasty Warrior.
Rencananya, formulir pendaftaran bagi para peserta akan dibuka mulai bulan Mei mendatang.
ICGP akan dilaksanakan pada hari pertama festival Ennichisai 2012 yang mengusung tema Arigatou, kokoro no tomo. "Tema ini dipilih sebagai bentuk ungkapan rasa terima kasih warga Jepang terhadap Indonesia yang telah memberikan banyak perhatian saat terjadi bencana gempa dan tsunami 11 Maret silam," ujar Executive Committee Ennichisai Takeya Emi.
"Tercatat sekitar 170 ribu pengunjung yang hadir dalam Ennichisai 2011. Kami tidak memiliki target jumlah pengunjung, namun kami mengharapkan warga Indonesia dan Jepang bisa bersama-sama menikmati acara kebudayaan tahunan ini untuk mempererat hubungan keakraban kedua negara," tambahnya.

sumber: http://www.halojepang.com/

1 Response to "Festival Ennichisai 2012"Indonesian Cosplay Grand Prix""

  1. jeppopo says:

    ikutan yuk..tp jadi apa yaa??^^

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme